Yuk dibaca

Mari dibaca, dilihat-lihat semoga bermanfaat

Rabu, 09 November 2011

Selamat Hari Pahlawan

Selamat hari pahlawan buat yang benar-benar Pahlawan.

Pagi2 buka twitter, fb, dan bbm smua mengucapkan Selamat Hari Pahlawan, aku baru ingat ternyata hari ini hari Pahlawan..yah bisa dibilang ilmu sejarahku kurang. Semua orang dengan antusias menuliskan Selamat Hari Pahlawan tapi yang jadi pertanyaan apa itu cukup buat mengingat dan membalas jasa para pahlawan yang sudah tumpah darah demi kemerdekaan Negeri kita tercinta ini ??? kalau aku bilang gak, gak cukup..boleh taruhan mereka bakal pasang status soal hari pahlawan ga bertahan sampe seharian dan hebohnya juga gak sampe besok, itu kenapa aku bilang gak cukup dan aku anggap mereka cuma ikut2 an meramaikan saja. Jujur mungkin saya juga begitu tapi apakah mereka semua termasuk aku bisa dibilang gak peduli sama para pahlawan ?? ya gak juga karena bentuk dari penghargaan gak cuma bisa diliat dari tidak ingatnya mereka tanggal hari pahlawan, atau cuma rame2 ngucapin selamat hari pahlawan pada hari H saja.

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membalas jasa para pahlawan yang sudah berkorban untuk kemerdekaan yang kita rasakan sekarang..contoh kecil sekolah dengan baik, tuntut ilmu setinggi mungkin dan bangun negeri ini dengan baik (gak mesti jadi presiden atau tentara jadi pegawai yang bisa memberi sedikit jasa pada perusahaan yang bertujuan membangun perekonomian negeri juga sudah bisa dibilang dapat membalas jasa para pahlawan kita) hitung-hitung kita bisa dapat mempertahankan kemerdekaan yang mereka raih dengan susah payah.

Bentuk lain bisa berupa penghargaan langsung kepada veteran perang yang masih hidup atau kepada keluarga mereka yang ditinggalkan...ngomong-ngomong soal veteran perang jadi ingat waktu aku ke surabaya belum lama ini...diperjalanan aku ketemu sama veteran perang dan dia cerita banyak soal hidupnya. kata-kata pertama yang keluar dari mulut dia adalah " KALAU NEGERI INI GAK ADA HUKUM SAYA ORANG PERTAMA YANG BUNUH PARA PEJABAT" wow jadi excited dengar cerita lanjutannya..tanpa ba bi bu saya langsung bertanya balik kenapa pak?? dengan nada lirih bapak itu menjawab dan melanjutkan cerita


"saya sedih liat negeri kita ini sekarang apalagi sikap pemerintah terhadap veteran seperti saya dan teman-teman, mereka gak tau betapa beratnya perjuangan kita buat merebut kemerdekaan. dengan kepala mata saya sendiri saya pernah meliat belanda menusuk kaki teman saya dengan tombak besi dari mata kaki tembus ke mata kaki sebelah, saya juga pernah liat belanda menyongkel mata teman saya, saya termasuk beruntung karena luka saya tidak parah, tapi kalau mengingat itu semua rasanya gak ikhlas dan gak rela liat negara ini di pimpin oleh orang-orang yang gak bertanggung jawab dan tidak tau arti sebuah perjuangan. Kita cuma diingat pada saat hari kemerdekaan dan hari pahlawan setelahnya kita tidak pernah dipedulikan. Kadang rumah juga digusur, dimana perhatian mereka"


Pengen nangis rasanya dengar cerita bapak itu, kalau dipikir memang benar apa yang diceritakannya, para pemimpin saja memberikan contoh seperti itu sama rakyatnya tapi semoga aja rakyatnya gak ikut2an dan bisa lebih baik dalam memberikan penghargaan dan mengingat jasa2 para pahlawan.

nah siapa yang mau jadi pahlawan???
siapa pahlawan dalam hidup kalian selain para pejuang perang??


Tidak ada komentar:

Posting Komentar