Yuk dibaca

Mari dibaca, dilihat-lihat semoga bermanfaat

Selasa, 08 Februari 2011

Kemiskinan

Kemiskinan, sepertinya kata yang satu ini sudah tidak asing ditelinga kita. Jangankan hanya katanya saja mungkin disekitar kita, kita juga sering melihat seperti apa itu kemsikinan. Ada beberapa definisi tentang kemiskinan dan dari semua definisi yang ada pada intinya Kemiskinan adalah keadaan yang serba kekurangan seperti makanan, pakaian, keuangan yg berhubungan dengan kualitas hidup dan kemiskinan juga dapat membuat seseorang tidak dapat menikmati fasilitas seperti pendidikan, kesehatan dan pelayanan lain yang sangat dibutuhkan dalam hidup.





Disini saya tidak akan menulis bagaimana pemerintah menangani masalah kemiskinan khususnya di negara kita, tapi disini saya akan menulis tentang bagaimana kita orang - orang yang berada disekitar mereka dapat membantu dan merasakan apa yang mereka rasakan. Dan dari pengamatan dari lingkungan sekitar saya ada beberapa hal bagaimana orang-orang menghadapi masalah kemiskinan disekitar mereka.

Ada beberapa teman yang sangat sensitif dalam melihat masalah kemiskinan ini, terkadang mereka ikut menangis jika melihat seorang pengemis tua yang sedang meminta-minta dijalan. Tapi dari tipe sensitif ini terbagi lagi dalam dua macam cara dalam mereka menanggapi kemiskinan tersebut, ada yang hanya menangis terharu melihat kemiskinan di sekitar mereka dan berkata "aku ikut merasakan penderitaan mereka" tapi sampai disitu saja..dan ada yang setelah melihat dan ikut merasakan, mereka langsung segera memberikan bantuan ada yang memberi berupa uang, makanan atau barang lain yang mereka perlukan.





Ada juga beberapa teman yang sangat tidak bisa ditebak dalam menanggapi masalah kemiskinan ini. pernah suatu hari kami sedang pergi bersama-sama tiba-tiba ada seorang anak kecil yang terlihat sedang kehausan dan kelaparan sambil menjajakan koran yang dijualnya, mobil terus berlalu melewati anak kecil itu, kami diantar pulang dan ada satu teman yang tinggal didalam mobil yang menceritakan tentang kejadian ini. Setelah mereka mengantar kami ternyata salah satu teman kami yang membawa mobil tersebut kembali ke lokasi tempat anak tersebut dan memberikannya sebungkus nasi dan minuman yang dibelinya sebelum kembali kesana. Ini adalah tipe yang tidak memperlihatkan keprihatinan mereka dengan kata" tapi langsung segera memberikan bantuan tanpa perlu orang banyak tahu.

Memang begitu banyak cara orang-orang dalam menanggapi masalah kemiskinan ini, bahkan ada yang tidak perduli sama sekali. Tapi pada intinya jangan pernah berharap pemerintah atau orang lain untuk segera menuntaskan masalah kemiskinan cukup dimulai dari diri kita sendiri bagaimana caranya membantu meringankan beban mereka. Bantuan tidak harus berupa materi, dukungan moral juga sangat penting untuk mereka agar mereka jadi orang yang kuat dalam menjalani hidup ini.

Ada banyak hal yang dapat kita pelajari dari kehidupan mereka yang tergolong kaum miskin. Mungkin dibanding kita yang masih hidup layak mereka adalah orang yang lebih kuat dari pada kita, mereka orang yang selalu bersyukur atas hidup mereka yang serba kekurangan, mereka tidak mengeluh ketika dihadapkan pada ujian yang besar. Jadilah bagian dari mereka jangan pernah mengucilkan mereka. Mari saling membantu tidak tertutup kemungkinan suatu saat bisa jadi merekalah yang menolong kita.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar